BPK RI

Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah

Berita Utama

SOSIALISASI SiAP MONITORING LKPD

Dalam rangka meningkatkan kepercayaan pemangku kepentingan terhadap hasil pemeriksaan BPK, mutlak diperlukan standar pengendalian mutu agar kualitas pemeriksaan yang dilakukan tetap terjaga. Sistem pengendalian mutu harus mencakup seluruh unsur, tidak terbatas pada hal-hal seperti supervisi, review berjenjang, monitoring, dan konsultasi selama proses pemeriksaan tetapi harus didukung oleh sistem yang dibentuk antara lain aplikasi untuk melaksanakan pengendalian mutu pada Laporan Keuangan Pemerintah Daerah yaitu SiAP Monitoring LKPD.

Hari Selasa, tanggal 2 Juli 2019, BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah bekerjasama dengan Biro TI Badan Pemeriksa Keuangan selaku leading sector telah melaksanakan sosialisasi penggunaan aplikasi SiAP Monitoring LKPD. Peserta sosialisasi ini adalah para Pejabat Fungsional Pemeriksa di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah.

SiAP Monitoring LKPD merupakan aplikasi berbasis web yang membantu tim pemeriksa dalam memonitoring setiap proses pemeriksaan LKPD, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, sampai dengan pelaporan. Aplikasi ini memuat jadwal pemeriksaan, penetapan materialitas, analisis temuan, dan perumusan opini. Dengan adanya aplikasi ini permasalahan-permasalahan internal antara lain monitoring atas jumlah entitas yang sangat banyak serta ketidakefisienan waktu proses pemeriksaan mulai dari pelaksanaan hingga pertanggungjawaban proses pemeriksaan dapat diminimalisir. Lebih lanjut, dengan adanya aplikasi ini, kolaborasi tim pemeriksa di lapangan semakin meningkat, proses quality control dan quality assurance semakin meningkat, dan audit trail secara otomatis semakin tersedia.

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *