Rapat Koordinasi JDIH di Wilayah Kalimantan Tengah

Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) antara Unit JDIH BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah dengan JDIH Provinsi/Kabupaten/Kota se Provinsi Kalimantan Tengah, BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah menyelenggarakan Rapat Koordinasi JDIH di Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah pada hari Kamis, tanggal 26 Oktober 2017.

Rapat Koordinasi tersebut mengambil tema : Peningkatan Kerjasama untuk Terwujudnya Informasi Hukum yang Terintegrasi” dan mengambil bahasan 2 (dua) materi penting yaitu tentang Kewenangan untuk melaksanakan pembatalan Peraturan Daerah pasca Putusan Mahkamah Nomor 56/PUU-XIV/2016 dan Nomor 137/PUU-XIII/2015, serta Integrasi JDIH.

Materi tentang Kewenangan pelaksanaan pembalan Peraturan Daerah Putusan Mahkamah Konstitusi disampaikan oleh Dr. Fajar Laksono (jurubicara Mahkamah Konstitusi), sedangkan materi Integrasi JDIH disampaikan oleh Tana Mantirri, SH, M. H, Pustakawan Utama dari Badan Pembinaan Hukum Nasional.

Selain kedua materi di atas, maka terdapat 2 (dua) materi tentang implementasi JDIH yang disampaikan oleh Dhandung Muhammad (Perancang Perundang-Undangan pada Biro Hukum Provinsi Kalimantan Tengah) serta Rida Desmawati (Kepala Seksi Informasi Hukum Ditama Binbangkum BPK RI).

Rapat Koordinasi JDIH dibuka oleh Kepala Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah, Raden Cornell Syarief Prawiradiningrat, yang dalam sambutan pembukaannya, mengharapkan Program JDIH bias diimplementasikan dengan baik, dan menjadi efisien untuk memenuhi informasi peraturan dan dokumentasi hukum khususnya untuk memenuhi kebutuhan BPK atas kriteria-kritera yang dibutuhkan dalam proses pemeriksaan melalui kemudahan akses pada JDIH.

Rapat koordinasi kali ini memberikan nuansa baru karena dilaksanakan dalam komunikasi dua arah melalui diskusi dan sharing knowledge, sehingga setiap peserta dapat mengambil inovasi positif dari setiap entitas dalam mengelola JDIH.

Acara tersebut diakhiri dengan Pemberian Plakat dari BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah kepada para narasumber dan Foto Bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *