Peringatan Sumpah Pemuda ke-89 Tahun 2017

Untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke-89 Tahun 2017, BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan Upacara Bendera pada hari Senin, tanggal 30 September 2017, ini dimulai tepat pada pukul 08.00 WITA di halaman kantor BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah.
Upacara tersebut diikuti oleh para Pejabat Struktural, pejabat fungsional, para pegawai administrasi umum, Pegawai Tidak Tetap dan Cleaning Service (CS).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Kepala Perwakilan, Raden Cornell Syarief P., dan sebagai komandan upacara Hairul Anwar.

Dalam upacara tersebut, Inspektur Upacara membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olah Raga oleh Kepala Perwakilan. Dalam sambutan tersebut, Menteri Pemuda dan Olah Raga menjelaskan mengenai tema Hari Sumpah Pemuda, yaitu Pemuda berani bersatu. Pada kesempatan itu, Menteri Pemuda dan Olah Raga mengajak para pemuda untuk mengukuhkan persatuan dan kesatuan Indonesia, menghentikan segala bentuk perdebatan yang mengarah pada perpecahan bangsa, dan berani melawan segala bentuk upaya yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa,melawan ego kesukuan, keagamaan dan kedaerahan kita. Persatuan Indonesia adalah segala-galanya, jauh di atas persatuan keagamaan, kesukuan, kedaerahan, apalagi golongan.

Selain pengibaran bendera, dan pembacaan Pancasila dan UUD 1945, dalam upacara tersebut juga dibacakan pernyataan pemudapemuda pada tahun 1928. Upacara diakhiri dengan pembacaan doa.

Selain melaksanakan upacara bendera, pada tanggal 24 Oktober 2017, BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah juga mengadakan Tobelo Dance Festival yang diikuti oleh 12 (dua belas) peserta terdiri dari SMA Negeri 1 sampai dengan 5, SMK Negeri 1 sampai dengan 5, Universitas Palangka Raya, dan STMIK Palangka Raya, dengan disertai lebih dari 200 (dua ratus) supporter dari masing-masing sekolah.

Dalam pengumuman para juara, FKIP Unpar sebagai juara Pertama, diikuti STMIK Palangka Raya sebagai juara 2, SMAN 2 Palangka Raya sebagai juara 3, dan SMKN sebagai juara Harapan. Selain itu, diberikan juga penghargaan kepada Penampil terbaik, yaitu Jessica Dwi P dari SMAN 5 Palangka Raya dan Mita Safitri dari BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah.

Kegiatan ini diliput oleh Kantor Berita Antara, dan Kalteng Pos.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *